Prefab pada unity

Prefab merupakan sebuah GameObject yang disimpan ke dalam Assets, yang nantinya bisa dimanfaatkan menjadi GameObject kembali.

Di dalam Prefab ada istilah Fungsi Instantiate() atau yang dalam banyak forum lebih sering disebut dengan: "Fungsi untuk membuat GameObject secara runtime."

Buatlah project baru di Unity atau cukup Scene baru saja(jika Anda masih ingin menggunakan project materisebelumnya).
Pastikan Project yang digunakan adalah Game 3D.
Tambahkan sebuah Plane dengan cara klik menu GameObject -> 3D Object -> Plane lalu ganti namanya menjadi Lantai1.

Atur posisi Main Camera dan plane menggunakan gizmo atau panel Transform sehingga Kamera dapat melihat lantai
dengan jelas berada di bawah.


Tambahkan plane kedua, ganti namanya menjadi Lantai2 dan atur scalenya menggunakan tombol Scale 
di pojok kiri atas atau masukkan angkanya pada panel transform.
Angkat posisi Lantai2 sedikit ke atas dan atur kemiringannya sehingga mirip seperti gambar berikut.


Klik Lantai2 pada tab Hierarchy kemudian buat GameObject Child dengan cara klik menu GameObject-> Create Empty Child.
Atur posisi GameObjectChild tadi menggunakan gizmo ataupanel Transform sehingga sedikit di atas Lantai2 seperti
gambar berikut.


Untuk memudahkan penyebutan, ganti nama Game Object Child tadi menjadi TitikJatuh.

Selanjutnya buat sebuah Sphere baru dengan cara klik menu GameObjects -> 3D Object -> Spphere dan ganti namanya menjadi MyBall.

Tambahkan sebuah gambar pada panel Assets dengan cara klik kanan pada panel Assets -> Import New Assets..., lalu pilih salah satu gambar yang ada di komputer Anda.

Dari panel Assets, drag gambar tersebut menggunakan mouse lalu letakkan pada MyBall sehingga terlihat seperti dibawah ini.


Klik MyBall dan tambahkan RigidBody dengan cara klik menu Component -> Physics -> Rigidbody.

Rigidbody adalah sebuah komponen penting yang dapat membuat GameObject seolah-olah memiliki berat dan dapat dipengaruhi oleh gaya gravitasi.

Buat sebuah Physic Material dengan cara klik Assets ->Create -> Physics Material dan beri nama Bounce.

Ganti parameter Bounciness menjadi 0.9 untuk menambahkan efek memantul.


Kita kembali ke GameObject MyBall, tambahkan Material Bounce dengan cara drag dari panel Assets ke panel Sphere Collider, parameter material. 
Atau klik tombol kecil di kolom Material pada komponen Sphere Collider milik MyBall


Berikutnya untuk menjadikan Prefab, drag MyBall dari tab Hierarchy ke panel Assets.


Jika Prefab MyBall sudah dibuat, Anda dapat menghapus GameObject MyBall dari tab Hierarchy, karena yang akankita gunakan adalah Prefab yang sekarang sudah ada di Assets.

Prefab adalah sebuah instansiasi dari sebuah GameObject sehingga GameObject yang sudah pernah dibuat bisa digunakan kembali dengan cepat. 
Selain itu Prefab memungkinkan GameObject digandakan menggunakan script.

Berikut ini contoh penggunaan kembali Prefab menjadi GameObject. Jika sudah mulai paham, hapus object bola di dalam scene.


Buat script C# dan beri nama GandakanBola.cs lalu ubah script menjadi seperti berikut ini


Selanjutnya pasang script tersebut di GameObject mana saja yang Anda suka, lalu pastikan parameter
TempatJatuh dan parameter Bola diisi.

Parameter Tempat Jatuh diisi dengan GameObject TitikJatuh, sedangkan parameter Bola diisi dengan prefab MyBall.









Komentar

Postingan Populer