Shooting Target

Buatlah project baru di Unity atau cukup scene baru saja jika masih ingin menggunakan project yang sudah digunakan dalam materi sebelumnya. 
Tambahkan sebuah Plane dengan cara klik menu GameObject -> 3D Obect-> Plane.

Atur posisi Plane pada komponen Transform menjadi(0,0,0). 
Setelah itu klik Main Camera di tab Hierarchy, 
kemudian ganti Positionnya menjadi (0,0,0) dan Rotationnya menjadi (0,90,0).

Atur posisi main Camera menggunakan gizmo sehingga didapat tampilan kurang lebih
seperti gambar di bawah ini


Masih dengan Main Camera terpilih pada tab Hierarchy,
tambahkan EmptyChild dengan cara klik menu
GameObject -> Create Empty Child.


Siapkan Prefab Bola yang berasal dari materi pembahasan
sebelumnya. Ganti nama prefab menjadi Peluru.


Tambahkan sebuah Capsule atau objek apapun untuk menjadi target sasaran tembak, lalu centang pilih Is Trigger pada objek tersebut.
Letakkan objek sasaran berada pada sebrang Main Camera sehingga tampak seperti berikut ini.


Buat sebuah 3D text dengan cara klik menu GameObject-> 3D Object -> 3D Text.
Ganti tulisan “Hello World” dengan “Bingo!” lalu tempatkan
3D Text tersebut tepat di atas Capsule dengan text mengarah ke main Camera.
Gunakan gizmo untuk dapat melakukannya
akan tampil seperti gambar di bawah ini



Berikutnya buatlah script C# dan beri nama ShootingTarget.cs lalu ubah code menjadi seperti ini:
Deklarasikan beberapa variable, lalu berikan inisialisasi kamera di method Start


Pasang script ShootingTarget.cs pada GameObject Main Camera dan isilah parameter posisiTembak dengan
EmptyGameObject yang menjadi Child Main Camera dan
parameter Bola dengan prefab peluru


Sampai tahap ini, jika Game dijalankan, sebuah bola akan meluncur dari kamera setiap kali tombol spasi ditekan.
Tahap berikutnya adalah, akan dibuat skema, ketika bola mengenai target alias capsule tadi kita akan memberi
keterangan pada 3D Text dan hitung score hasil tepat sasaran. 
Buatlah sebuah script C# kembali dan beri nama Target.cs


Pasang script Target.cs pada GameObject Capsule, kemudian isilah parameter text3d dengan GameObject 3D
Text dan parameter pesan dengan teks sesuai keinginan Anda untuk pesan saat target terkena peluru.
Selanjutnya jalankan games dan cobalah menembak capsule yang ada di tengah.
 Apakah pesan muncul dan score bertambah?
 Jika belum, coba cek apakah prefab sudah memiliki Tag “Bola”, karena script Target.cs pada baris 26 melakukan cek tersebut.
Baca materi terkait menambahkan Tag.






Komentar

Postingan Populer