Tutorial GUI Skin & Manipulasi Kamera

GUI SKIN


Sebelum kita mulai tutorialnya, silahkan sediakan beberapa objek seperti file gambar, suara, dan font, atau Anda dapat mengunduh file-file pada link Asset Image pada gambar dibawah ini.


Buatlah project baru di Unity atau cukup scene baru saja 

Tambahkan sebuah GUISkin dengan cara klik menu Assets -> Create -> GUISkin. Beri nama "BelajarGUISkin"



Setelah itu tambahkan beberapa Assets yang sudah diunduh tadi seperti assets untuk tombol (beberapa template gambar button berekstensi png) dan assets font.

Untuk melakukan import Assets, dapat dilakukan dengan beberapa cara, salah satunya dengan cara klik menu Assets -> Import New Assets atau dengan drag filenya langsung dari Windows Explorer. Pastikan semua assets yang akan digunakan sudah di-import.


Berikutnya kita kembali ke Skin “BelajarGUISkin” yang tadi kita buat.


Ubah font khusus button dengan drag file font pada Assets ke Button -> Overflow. Atau klik tombol kecil di sebelah kanan kolom Font lalu browse, cari Font pada Asset.
Lalu ubah Font Size menjadi 24.
Seperti gambar di bawah ini

Berikutnya ganti background pada Button.
Ganti Background pada Button:
1. Button -> Normal
2. Button -> Hover
3. Button -> Active
Seperti gambar di bawah ini


Berikutnya pada Button, istilah Toggle mungkin agak
kurang familiar. Sebagian orang lebih mengenalnya dengan
istilah Checkbox. Pada Contoh kali ini, toggle dimanfaatkan
untuk pengaturan suara.
Ganti Background pada Toggle:
1. Toggle -> Normal
2. Toggle -> Hover
3. Toggle -> Active
4. Toggle -> On Normal
5. Toggle -> On Hover
6. Toggle -> On Active


Buat script C# baru dan beri nama MenuSkin.cs dan edit file menjadi seperti gambar di bawah ini :


Pasang script MenuSkin.cs pada GameObject (misalnya MainCamera), lalu pasang parameter mySkin dengan BelajarGUISkin.


Jika tidak ada kesalahan, selanjutnya jalankan Game, contoh tampilan saat game dijalankan seperti gambar di bawah ini :


Manipulasi Kamera

Berikutnya kita akan membahas tentang manipulasi kamera, secara default Scene di dalam project Unity hanya memiliki satu buah kamera, namun unity tidak pernah membatasi Anda untuk dapat memiliki lebih dari satu kamera. Tentu diperlukan sebuah pengaturan khusus agar masing-masing kamera dapat berjalan dan tidak saling tumpang tindih.

Buatlah project baru di Unity atau cukup scene baru saja

Sebelumnya, pastikan bahwa project yang digunakan adalah Project Game 3D.

Tambahkan GameObject Camera dengan cara klik menu GameObect -> Camera. Ganti namanya menjadi Kamera1.


Tambahkan 2 buah GameObject kamera yang lain, beri nama masing-masing Kamera2 dan Kamera3. Sampai tahap ini, jika Anda menjalankan game Anda, maka yang
tampil masih akan tetap MainCamera.


Tambahkan beberapa GameObject seperti Cube, Sphere, Capsule dan apa saja. Semua GameObject tersebut dapat diakses melalui menu GameObject -> 3D Object. Atur posisinya sesuka hati yang penting terlihat dari MainCamera berada di tengah.


Jalankan Game!!!















Komentar

Postingan Populer