Terrain 3D

Terrain adalah arena permainan yang biasanya berupa hamparan dengan texture tanah, rumput, pasir, bebatuan atau air. 
Pada terrain pada umumnya juga terdapat model gunung, lembah, pohon dsb.
Sebagai sebuah game engine yang terintegrasi, Unity telah dilengkapi dengan world editor yang sangat lengkap, kita tidak perlu lagi bersusah payah hanya untuk membuat terrain utama dalam game.

Mari kita mulai

Buatlah Project 3D baru di Unity. Berikan nama untuk project (bebas apa saja). Sekali lagi pastikan pilihan 3D
aktif. Jika project sudah dibuat, import package standar Unity. 

Ada dua cara untuk melakukan import package Unity :
1. Menggunakan window Asset Store (Ctrl+9)(harus terhubung dengan internet)
2. Import dari komputer(Assets -> Import Package -> Custom Package) cara ke 
dua ini tidak harus terhubung ke internet

Kali ini saya menggunakan cara 1

Menggunakan window Asset Store (Ctrl+9) Import menggunakan cara ini mewajibkan kita
terhubung ke Internet karena Unity akan langsung mengakses assetstore.unity.com dan menampilkannya pada window ini.
Kita bisa melakukan pencarian dan langsung klik import di Asset yang kita pilih, dengan
sekejap Unity akan meletakkan Asset pada project yang sedang kita buat.

Menggunakan window Asset Store (Ctrl+9) (Cont’d)
Kita bisa melakukan pencarian dengan mengetikkan kata kunci pada kolom Search for assets, 
misalnya ketik Standard Asset


Download Asset berikut ini :
❑ Standard-Assets
❑ RealisticTerrain
❑ LowPolyWater_Pack

Setelah proses impor selesai, tambahkan sebuah terrain dengan cara klik menu 
GameObject -> 3D Object ->Terrain. Jika tidak terjadi kesalahan, maka sebuah terrain
kosong berukuran 500x500 pixel akan muncul.

Klik tombol Terrain Setting pada panel Terrain di tab Inspector yang akan menampilkan menu tambahan baru untuk pengaturan terrain aktif.

Kemudian atur Resolution Terrain Width dan Terrain Length menjadi 1000x1000

Selanjutnya klik tombol Paint Texture pada panel Terrain di tab inspector yang akan menampilkan menu tambahan baru untuk mewarnai terrain aktif.
Klik Edit Texture, klik Add Texture, dan pada kotak Dialog Add Terain Texture, klik Select dan pilih salah satu texture yang ada, 
misalnya saja texture Grass alias rumput berwarna hijau. Setelah itu klik Add


Selanjutnya klik Paint Trees pada tab Terrain di tab Inspector yang akan menampilkan menu tambahan baru untuk pembuatan pepohonan.
Klik Edit Trees, pada kotak dialog Add Tree, klik browse, pilih salah satu pohon yang ada dan klik Add

Selanjutnya membuat danau. Caranya, dari folder Environment cari folder Water dan pilih folder Prefabs. Pilih salah satu prefabs water dan tarik langsung pada Scene.

Terakhir, jalankan Game.
hanya dalam hitungan menit kita berhasil membuat scene landscape. Membangun sebuah game menggunakan Unity seperti menyusun puzzle, sudah tersedia Asset yang sangat
banyak, tinggal kita menyusunnya menjadi sebuah game.





Komentar

Postingan Populer