Belajar Tentang Unity3D



Unity merupakan sebuah software Developing Game. dengan software ini bisa kita gunakan untuk membuat Game dengan mudah, dulu saya berpikir kalo buat game itu harus menggunakan aplikasi yang khusus dan sulit didapatkan, tetapi saya menemukan Game Engine ini...

Unity ini adalah sebuah aplikasi berbasis MuntIPlatform, mungkin kalian belum ytau apa itu MuntIPlatform? MuntIPlatform adalah aplikasi yang dapat Mempublish ke banyak format tipe file, contohnya : exe, apk,dan lain-lain.

Unity perlu lisensi untuk dapat dipublish ke platform tertentu, seperti format pada tipe format ".apk" Tetapi Unity menyediakan untuk free user dan bisa di publish dalam bentuk Standalone (.exe) dan web. Untuk saat ini Unity sedang mengembangkan berbasis AR (Augment Reality)

Unity tidak hanya bisa digunakan untuk membuat game 3D saja, namun bisa juga untuk 2D.
                                        
Unity adalah tool pengembang video game yang membantu orang mengembangkan game enviroiment 3D. Lingkungan pengembang unity berjalan di Microsoft Windows dan Mac OS, game yang dihasilkan dapat dijalankan di Windows, Mac, Xbox 360, PlayStation 3, Wii, iPad, Iphone, dan 


Membuka Unity

Saat pertama kali membuka Unity, akan tampil seperti gambar di bawah ini :


Jika belum memiliki account unity, 
Anda bisa klik link create one, dan membuat account unity terlebih dahulu. 
Anda juga bisa menggunakan Unity dengan akun google atau facebook.
Anda juga bisa menggunakan Unity tanpa Sign In dengan klik tombol Skip

Maka akan tampil seperti gambar di bawah ini
Setelah ini kita klik new untuk membuat project
Akan tampil seperti gambar di bawah ini
Isi lah nama Project name, misalnya "BelajarUnity", tentukan tempat penyimpanan project pada location,dan tentukan pembuatan project 2D atau 3D pada templates. Selanjutnya klik tombol Create Project.

Mengenal fitu-fitur dalam Unity 3D

Interface Unity:
Toolbar digunakan untuk memanipulasi Scene View dan objek-objek di dalamnya. Fungsinya beragam, yakni dari memindahkan posisi, rotasi, hingga skala.

Hierarchy Window digunakan untuk melihat daftar GameObject apa saja yang ada di dalam scene. Setiap objek yang ada di scene pasti masuk di Hierarchy.

Scene Window digunakan untuk melihat secara keseluruhan objek yang digunakan di game. Scenes Window juga dapat mengedit objek, baik itu dalam hal posisi, rotasi maupun skala.

Game View digunakan untuk melihat hasil akhir dari game yang nantinya akan ditampilkan di layar user.

Inspector Window digunakan untuk mengedit semua properties pada objek yang aktif.

Project Window digunakan untuk menampilkan daftar asset yang dapat digunakan dalam project Anda. Ketika menambahkan asset baru, ia akan muncul di Project Window.

Console Window digunakan untuk mengetahui log dalam script serta informasi error dan peringatan yang ada di dalam script.

Membuat Folder pada Assets

Untuk membuat folder, bisa
dengan beberapa cara, salah
satunya:
klik kanan pada Assets, pilih
Create -> Folder, lalu beri
nama folder.
Misalnya buatlah folder
Scripts.



Membuat Script



Untuk membuat file script, bisa
dengan beberapa cara, salah
satunya:
klik kanan pada folder Scripts,
pilih Create -> C# Scripts, lalu
beri nama file.
Misalnya buatlah file
HelloWorld.cs




Kesalahan Membuat Script
Kesalahan umum pemula yang biasa terjadi adalah ‘terlambat’ mengganti nama file script tersebut, sehingga meski nama file sudah berubah, namun nama class dalam file masih menggunakan nama sebelumnya. Pada gambar di bawah ini contoh perbedaan nama file dan nama class

Menambahkan Editor
Untuk menghubungkan editor file ke Unity3D terdapat pada menu Edit -> Preferences -> External Tools -> Browse…

Membuat Script (con’t)
Selanjutnya edit file HelloWorld.cs yang tadi sudah dibuat menjadi seperti gambar di bawah ini.

Menggunakan Script

Drag and drop script HelloWorld.cs ke GameObject Main Camera di jendela Hierarchy.


Menggunakan Script
Pastikan script HelloWorld.cs telah masuk ke GameObject
MainCamera dan menjadi komponen baru bagi
MainCamera dengan melihat Inspector.
Seperti gambar di atas.

Edit Script
Selanjutnya edit file
HelloWorld.cs yang tadi
sudah dibuat menjadi
seperti di bawah ini.


Pembahasan code
Baris 7 adalah deklarasi variabel public, hal ini mengakibatkan munculnya parameter pada Inspector, perhatikan Inspector MainCamera.

Jika game dijalankan dan parameter MyText pada Inspector MainCamera diisi, maka tampilan game akan menyesuaikan. Seperti gambar dibawah ini

Selamat mencoba !!! 







Komentar

Postingan Populer