Tutorial input mouse, keyboard dan output sound
Pada umumnya di dalam sebuah game komputer digunakan banyak tombol, baik yang ada pada mouse maupun keyboard. Kali ini saya akan membuat tutorial bagaiman unity mendeteksi penekanan tombol tersebut.
Step 1
Buatlah project baru di unity atau cukup Scene baru (jika masih ingin menggunakan project sebelumnya). Buatlah script C# kemudian beri nama InputMouse.cs, ikutilah script dibawah ini
Step 2
Drag and drop script InputMouse.cs ke MainCamera di jendela Hierarchy. Jika tidak ada kesalahan, jalankan game, dan mouse di klik maka akan menampilkan button mana yang di klik. Seperti contoh gambar di bawah ini
Step 3
Berikutnya kita akan membahas Input Keyboard. Buatlah project baru di unity atau cukup Scene baru (jika masih ingin menggunakan project sebelumnya). Buatlah script C# kemudian beri nama InputKeyboard.cs, ikutilah script dibawah ini
Step 4
Drag and drop script InputKeyboard.cs ke MainCamera di jendela Hierarchy. Jika tidak ada kesalahan, jalankan game, dan ditekan tombol A, tombol B dan pilihan user, maka akan muncul hasilnya di panel game. Pilihan User bisa di ganti saat game sudah dijalankan.
Seperti contoh gambar di bawah ini
Step 5
Input Manager
Parameter standar Unity yang berhubungan dengan input
dengan cara klik menu
Edit -> Project Settings -> Input.
Seperti contoh gambar di bawah ini
Pada panel Input Manager inilah bisa didapatkan informasi
tentang berbagai input standar yang telah dikenali oleh
Unity. Bahkan kita bisa menambahkan daftar input kita
sendiri bila diperlukan.
Bagaimana kawan,Mudah bukan???
Saya rasa tutorial kali ini cukup sampai disini dulu, jika masih bingung atau ada yang belum jelas atau tutorial ini membuat tambah bingung atau… atau ...
Jangan ragu untuk melemparkan pertanyaannya melalui kolom komentar.
Selagi bertanya itu Gratis (Tidak bayar)
Saya ucapkan terimakasih telah membaca dan jangan lupa mempraktekkannya.
Komentar
Posting Komentar